Transformasi digital merupakan strategi krusial yang diambil perusahaan dalam merespons dinamika perilaku konsumen dan kemajuan teknologi yang berlangsung cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi digital yang dilakukan oleh PT. Kubangan Putra Karya Depok melalui implementasi strategi digital marketing. Perubahan dalam strategi pemasaran digital perusahaan mulai terlihat signifikan sejak dibentuknya tim digital marketing pada pertengahan tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital yang dijalankan tidak hanya bergantung pada penggunaan teknologi, tetapi juga memerlukan struktur organisasi yang mendukung, sumber daya manusia yang kompeten, serta koordinasi lintas divisi yang efektif. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan fasilitas produksi konten dan fluktuasi keterlibatan audiens, pembentukan tim digital marketing mampu meningkatkan frekuensi posting dan pertumbuhan pelanggan secara bertahap. Strategi konten yang adaptif dan penguatan koordinasi internal menjadi faktor kunci dalam menjalankan proses transformasi ini. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat pemahaman bahwa transformasi digital yang efektif memerlukan pendekatan yang menyeluruh dan kolaboratif, serta menegaskan pentingnya peran strategi dan kompetensi digital marketing dalam proses adaptasi perusahaan, khususnya di sektor industri peralatan dapur.
FULL TUGAS AKHIR
Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. R. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia , 2(2).
Anjani, R. (2023). Implementasi digital marketing dalam mengembangkan strategi bisnis digital di era transformasi digital. . Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1).
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian . Rineka Cipta.
Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1). https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.27-40
Desti Mardiana, V., & Hidayati, D. (2022). Transformasi Digital Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah pada Masa Pandemi. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2). https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.180
Dewi, S. B., & Senoprabowo, A. (2022). Perancangan katalog kitchen equipment PT Nayati Indonesia untuk menunjang perluasan pemasaran di Indonesia. . Jurnal Citrakara, 5(1).
Dhea Rizqi Karisma, & Lina Nugraha Rani. (2023). Comparison Analysis of Sustainable Banking Performance of Sharia Bank and Conventional Bank as Members of First Movers on Sustainable Banking in Indonesia Period 2017-2020. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 10(5). https://doi.org/10.20473/vol10iss20235pp511-524
Erwin, Cindrakasih, Sari, A., Hita, Boari, Y., Judijanto, L., & Tadampali, A. C. T. (2023). Pemasaran Digital (Teori dan Implementasi). PT. Green Pustaka Indonesia.
Erwin, Suade, Y. K. M., & Poernomo, W. (2021). Analyzing Digital Marketing, Green Marketing, Networking And Product Innovation On Sustainability Business Performance, Silk Cluster In Polewali- Mandar, West Sulawesi. International Journal of Economic, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3).
Latifah, N. L. D., Adzam, M., & Vidiastuti, D. P. (2024). Strategi transformasi digital: Inovasi program Tuka Tuku Purbalingga. Matra Pembaruan, 8(1).
León-Alberca, T., Renés-Arellano, P., & Aguaded, I. (2024). Digital Marketing and Technology Trends: Systematic Literature Review on Instagram. Smart Innovation, Systems and Technologies, 375. https://doi.org/10.1007/978-981-99-7210-4_29
Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosdakarya.
Nurjannah, N. (2020). PERANAN BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PEMBIAYAAN PADA PT BPRS RAHMANIA DANA SEJAHTERA BIREUEN DI KABUPATEN BIREUEN. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(2). https://doi.org/10.47647/jsh.v3i2.289
Oktavenus, R. (2019). Analisis Pengaruh Transformasi Digital dan Pola Perilaku Konsumen Terhadap Perubahan Bisnis Model Perusahaan di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5). https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i5.6080
Oktaviani, E., Asrinur, Prakoso, A. W. I., & Madiisitriyatno, H. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL DAN STRATEGI MANAJEMEN. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(1).
Puriwat, W., & Tripopsakul, S. (2021). The impact of digital social responsibility on preference and purchase intentions: The implication for open innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1). https://doi.org/10.3390/joitmc7010024
Reggina Wike Anjani. (2023). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.4
Reppi, L. V. Y., Moniharapon, S., & Loindong, S. (2021). Bauran Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Grabfood (Study Pada Pengguna Jasa Grabfood Di Kota Manado Pada Masa Pandemi Covid-19). Jurnal EMBA, 9(3).
Rochmawati, D. R., Hatimatunnisani, H., & Veranita, M. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis di Era Transformasi Digital. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.3076
Sahir, S. H., Hasibuan, A., Pasuhuk, L. S., Herbert, A. C. A. G. G., Gaffar M I, Sumanti E R, & Pratiwi W. (2024). Ekonomi Global: Tantangan dan Peluang di Era Digital.
Salim, H. S., Goh, T. S., & Margery, E. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT. FURNILUX INDONESIA. JURNAL BISNIS KOLEGA, 8(1). https://doi.org/10.57249/jbk.v8i1.75
Sidanti, H., & Purwanto, H. (2022). PENGANTAR BISNIS ERA TRANSFORMASI DIGITAL. UNIPMA PRESS.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Suryati, L. (2019). MANAJEMEN PEMASARAN Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. In Hakikat Pemasaran.
Umi Helfida Ali. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Ms Glow Di Jakarta. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(3). https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i3.2014
Wahyu, F., & Veri, J. (2024). Analisa transformasi digital marketing bisnis UMKM melalui pemanfaatan strategi social media marketing. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 7(1).
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wulansari, D., Dody, T., & Veri, J. (2024). Analisa strategi e-marketing untuk meningkatkan minat beli daring. Jurnal of Management and Social Sciences, 2(1).